Jumat, 02 Desember 2011

2012, Kemenpera siap lakukan tiang pancang Rusunawa di bantaran Kali Ciliwung

Jakarta (Solopos.com) Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) akan segera melaksanakan pemancangan tiang pertama pembangunan Rusunawa di bantaran kali Ciliwung pada awal 2012 mendatang. Hal tersebut disampaikan Menteri Perumahan Rakyat (Menpera)
Djan Faridz saat menerima kunjungan Wakil Menteri PU Hermanto Dardak di Ruang Prambanan, Kantor Kemenpera, Kamis (1/12/2011) pagi. OKami (Kemenpera-red) siap melakukan koordinasi dan bekerjasama dengan Kementerian PU untuk melakukan tiang pancang Rusunawa pada awal Januari 2012 mendatang,o ujar Menpera Djan Faridz.

Menurut Djan Faridz, sejak ditunjuk oleh Presiden menjadi Menpera beberapa waktu lalu dirinya memang mendapat tugas khusus untuk menyelesaikan masalah perumahan yang cukup padat di sepanjang Kali Ciliwung. Persoalan perumahan yang cukup padat dan permukiman liar di sekitar Kali Ciliwung bahkan telah terjadi sejak lama sehingga memerlukan penanganan khusus dari pemerintah.

Lebih lanjut, Djan Faridz menerangkan, Kemenpera pada rapat koordinasi dengan Wakil Presiden juga telah melakukan kajian mengenai program tersebut. Masalah perumahan di bantaran Kali C iliwung merupakan persoalan klasik yang terjadi di Ibukota Jakarta. Pasalnya, meskipun banyak penduduk yang menempati tanah liar, namun mereka dianggap legal oleh pemerintah kota setempat karena membayar PBB , tagihan listrik dan telepon, memiliki RT dan RW bahkan kelurahan.

Kalau dibilang penduduk liar tapi mereka memiliki KTP. Jadi meskipun tinggal di tanah liar keberadaan mereka masih dianggap legal, katanya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, imbuh Djan Faridz, Kemenpera berharap adanya kerj asama dan partisipasi aktif penduduk setempat untuk mensukseskan program perumahan di daerah tersebut sert a sinergi program dengan Kementerian PU dan Pmda DKI Jakarta.

Sementara itu, Wamen PU Hermanto Dardak menyatakan, pihaknya juga siap melakukan sin kronisasi tugas agar penataan pembangunan perumahan di sepanjang Kali Ciliwung dapat berjalan dengan lanc ar. Saat ini, Direktorat Sumber Daya Air Kementerian PU siap melaksanakan normalisasi Kali Ciliwung di bebera pa lokasi yang rawan terjadi banjir, berupa pembuatan sodetan. Hal ini sebagai upaya untuk mendukung revi talisasi kawasan bantaran Kali Ciliwung dan mendukung program Kemenpera.

Dirinya juga mengatakan adanya pembangunan Banjir Kanal Timur (BKT) yang dibangun ol eh Kementerian PU dan Pemda DKI Jakarta bisa dijadikan rujukan pembangunan infrastruktur hijau. Kami berharap penanganan masalah perumahan di sepanjang Kali Ciliwung bisa selesai pada tahun 2014 mendatang. "Kami berharap pengalaman membangun BKT bisa dijadikan acuan untuk pembang unan program 2012, Kemenpera siap lakukan tiang pancang Rusunawa di bantaran Ciliwung Bersih serta perumahan yang hijau dengan memberdayakan masyarakat setempat," harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami