Sabtu, 17 Desember 2011

Bedah 500 Rumah Tidak Layak Huni

GRESIK, KOMPAS.com- Sebanyak 500 rumah tidak layak huni di Kabupaten Gresik direnovasi oleh TNI. Komandan Komando Distrik Militer 0817 Gresik Letnan Kolonel Arhanud Eko Wibowo Kuspriyanto, Jumat (16/11/20211), menjelaskan, kegiatan bedah rumah itu diprioritaskan bagi keluarga tidak mampu terutama janda-janda.
Rumah yang akan dipugar telah disurvei dulu. Setelah itu membantu perenovasian rumah. "Paling tidak nanti tidak khawatir lagi ada ular masuk rumah," tuturnya.
Bedah rumah itu dikaitkan dengan peringatan Hari Ibu, makanya yang direnovasi kebanyakan rumah janda. "Ibu-ibu kami prioritaskan karena perannya mendidik, dan membesarkan anak sangat penting. Jika anak-anak dididik dengan baik perilakunya baik. Perilaku baik turut mendukung ketertiban di masyarakat," ujarnya usai penyerahan kunci kepada Kani, warga Karangasem Desa Sirnoboyo Kecamatan Benjeng yang rumahnya direnovasi.
Camat Benjeng Abdul Hakam menyatakan, bedah rumah itu sangat membantu warganya. Dari 16 kecamatan lokasi bedah rumah, di Benjeng paling banyak, yakni ada 40 rumah yang tersebar di 16 desa. "Kami berterimakasih karena selain bedah rumah, ada bantuan bibit dan paket sembako untuk warga," tuturnya.Pani, buruh tenun yang rumahnya direnovasi, merasa senang. Paling tidak lantainya diplester tidak tanah, dan separuh dinding rumahnya ditembok dengan batu kumbung. Tadinya rumah janda itu berdinding anyaman bambu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Satu komentar dari Anda sangat berharga bagi kami